Home » Forum Legok Permai » PT.STM pencemar lingkungan

PT.STM pencemar lingkungan

sruput teh hangat

kawan yg baik. blog ini di dedikasikan buat warga legok permai. sebagai proses komunikasi dan informasi jadilah kontributor blog ini jabat hati

Like This

Bengkel Pencemar Karoseri Lingkungan

Keberadaan industri PT.Sukses Tunggal Mandiri (STM) sebuah perusahaan bengkel karoseri (HSB Karoseri) di awal tahun 2007 telah membuat warga perumahan Legok Permai menjadi resah. Letak lokasinya yang bersebelahan langsung dengan rumah warga blok A2-G hanya sebatas tembok pemisah batako setinggi + 2 meter.

Dampak yang jelas terasa adalah :

  • 1.Tingkat kebisingan proses produksi sudah melampaui Nilai Ambang Batas toleransi 91 dB(A).
  • KEP-48/MENLH/11/1996 tentang batas syarat kebisingan maksimum yang diperkenankan untuk kawasan perumahan dan pemukiman :55 dB(A)

  • 2. Kualitas Udara yang tercemar.

Sulfur Dioksida (SO2) 1849 μg/Nm3

  • Peraturan Pemerintah RI No.41 Tahun 1999 Tentang Baku Mutu Udara ambien Nasional : 900 μg/Nm3

TSP (Debu) 3770 μg/Nm3

  • Peraturan Pemerintah RI No.41 Tahun 1999 Tentang Baku Mutu Udara ambien Nasional : 230 μg/Nm3
  • 3. Kualitas Air Bersih (Tanah) yang terkontaminasi air limbah (pH,Minyak dan lemak, bau,keruh,berasa, kadar kimia).
  • Kep.Men LH/112/2003 tentang Baku Mutu Air Limbah Domestik
  • Peraturan Menteri Kesehatan RI No.416 Tahun 1990 Tentang Kualitas Air Bersih.
  • 4. Sosial dan Psikologis
  • Dampak sosial : Hubungan antara warga perumahan dengan warga sekitar rumah Kepala Desa menjadi tidak harmonis.
  • Usaha-usaha provokasi untuk membenturkan warga perumahan dengan anak-anak muda yang tak jelas asalnya.(imbalannya uang dan minuman keras).
  • Dampak Psikologis : Warga perumahan mudah stress, bayi dan balita terkena ISPA dan gatal-gatal, rumah kotor berdebu.

Aspek legalitas pendirian industri bengkel karoseri PT.STM juga banyak terjadi kejanggalan :

  • 1. Ijin Undang-Undang Gangguan (HO)
  • Perda Kab.Tangerang No.1 Tahun 2000 Tentang Retribusi Ijin Gangguan
  • Keputusan Bupati Tangerang No.8 Tahun 2000 tentang Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Daerah Kab.Tangerang No.1 Tahun 2000 Tentang Retribusi ijin Gangguan.

Dinas ketentraman dan ketertiban

Syarat-syarat Pengajuan Permohonan Izin

  • Rencana tata letak Instalasi, mesin/peralatan dan perlengkapan;
  • Persetujuan tetangga/masyarakat yang berdekatan;
  • Bagan alir proses produksi;
  • Studi pengelolaan lingkungan yang disyahkan;
  • Ijin Mendirikan Bangunan (IMB);
  • 2. IJIN MENDIRIKAN BANGUNAN (IMB)
  • Peraturan Daerah Kabupaten Tangerang Nomor 10 Tahun 2001, tentang Ijin Mendirikan Bangunan (IMB).
  • Perda Kab.Tangerang No.10 Tahun 2006 PERUBAHAN PERDA NOMOR 10 TAHUN 2001 TENTANG IJIN MENDIRIKAN BANGUNAN
  • Keputusan Bupati Tangerang No. 05 Tahun 2002, tentang Tata Cara Pemberian Ijin Mendirikan Bangunan.

Dinas Tata ruang dan Bangunan
Syarat-syarat Pengajuan Permohonan Izin

  • Copy Surat Tanah;
  • Surat pernyataan mematuhi persyaratan teknis bangunan;
  • Copy rencana tata bangunan dan prasarana kawasan;
  • Gambar bestek bangunan (gambar rencana kerja bangunan);
  • Surat pernyataan kesanggupan membuat dokumen AMDAL, UKL dan UPL (badan usaha yang telah berbadan hukum);
  • Rekomendasi dari Instansi terkait;
  • Bagi pemohon yang mewakilkan, membuat surat kuasa.

Masa Berlaku

IMB berlaku selama bangunan itu berdiri dan tidak ada perubahan bentuk dan fungsi bangunan.

  • 3. IJIN LAYAK HUNI

Peraturan Daerah Kabupaten Tangerang No. 22 Tahun 2002, tentang Ijin Layak Huni.

Dinas Tata ruang dan Bangunan

Persyaratan Ekologis

  • Peil Banjir untuk bangunan perumahan dan pabrik dan atau industri
  • Amdal untuk bangunan perumahan dan pabrik dan atau industri
  • UPL, UKL dan HO untuk bangunan pabrik dan atau industri

ul>

  • 4. WAJIB LAPOR KETENAGAKERJAAN
  • Undang-Undang No. 7/81
  • Undang-Undang No. 22/1999
  • PP No. 25/2000
  • Undang-Undang No. 13/2003
  • Perda No. 20/2002
  • Perda No. 21/2002
  • Kepala Desa Legok Sukardi selalu memberi pernyataan bahwa keberadaan PT.STM menyerap tenaga kerja dan mengurangi pengangguran. Padahal fakta sebenarnya adalah penyerapan tenaga kerja tidak merata (29% berasal RW02), status tenaga kerja harian, tidak terdaftar pada dinas Tenaga Kerja dan hanya yang mempunyai hubungan kekeluargaan saja yang menjadi tenaga kerja PT.STM.

    • RW 01 lokasi Dusun Manuntung (1)
    • RW 02 lokasi Dusun Legok Bakul – lokasi kediaman Kepala Desa – (15)
    • RW 03 lokasi Dukuh Mangga dan dukuh Pete (0)
    • RW 04 lokasi Dusun Kukun (2)
    • RW 05 lokasi Perumahan Teratai Griya Asri (0)
    • RW 06 lokasi Manuntung (1)
    • RW 07 lokasi Perumahan Legok Permai (0)
    • 5. IJIN USAHA INDUSTRI (IUI)
    • Peraturan Daerah Kabupaten Tangerang No. 7 Tahun 2002, tentang Pengaturan, Pembinaan dan Pengendalian Industri dan Perdagangan.
    • Keputusan Bupati Tangerang No 974/kep. 287 – huk/2003, tentang Penetapan Struktur Besarnya Tarif Retribusi Peraturan daerah Kabupaten Tangerang Nomor 7 Tahun 2002 Tentang Pengaturan, Pembinaan dan Pengendalian Industri dan Perdagangan .

    Dinas Perindustrian dan Perdagangan

    • Foto copy Nomor Pokok wajib Pajak (NPWP)
    • Foto copy Akte Pendirian Perusahaan dan atau perubahannya bagi yang berbentuk Perseroan Terbatas (PT)
    • Foto copy Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
    • Foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) Direksi
    • Upaya Kelola Lingkungan (UKL) & Upaya Pemantauan Lingkungan (UPL) atau Surat Pernyataan Pengelolaan Lingkungan (SPPL)
    • Foto copy Izin Undang-Undang Gangguan (HO)

    Usaha dan rencana licik PT.STM

    • 1. Membuat saluran limbah domestik secara diam-diam dari PT.STM menembus lewat ruangan dalam rumah blok A2-G5 (rumah yang dibeli oleh PT.STM) untuk dialirkan menuju saluran air perumahan. (11 Desember 2007).
    • 2. Resapan air limbah domestik PT.STM mencemari air perumahan.(13 Desember 2007).
    • 3. Melakukan aktifitas pemasangan paku bumi sehingga berdampak pada getaran hebat pada rumah warga perumahan. (16 Februari 2008).
    • 4. Melakukan operasional pada hari libur Nasional sehingga berdampak pada terganggunya warga. (25 Desember 2007).
    • 5. Usaha-usaha provokasi dan mobilisasi guna membenturkan warga perumahan dengan warga luar.
    • 6. Melakukan operasional hingga malam hari sehingga berdampak pada terganggunya ibadah sholat di musholla, para bayi serta balita menangis terus mendengar kebisingan, Warga tidak bisa istirahat nyaman.
    • 7. Usaha-usaha melobi (gratifikasi) pejabat dinas terkait dan anggota DPRD guna melancarkan operasionalnya.(12 Maret 2008 dan 11 April 2008).

    PT.STM telah melanggar peraturan :

    • Warga perumahan Legok Permai selaku masyarakat yang berdekatan langsung dengan PT.STM………………………………

    TIDAK PERNAH MEMBERI PERSETUJUAN

    • Karena dokumen HO ilegal maka ijin-ijin yang berkaitan langsung juga cacat hukum.
    • Tenaga Kerja yang tidak terdaftar pada Dinas Tenaga Kerja Kab.Tangerang.
    • PT.STM tidak pernah beritikad baik dalam upaya lingkungan sehingga pantas disebut penjahat lingkungan anti Semangat Stop Global Warming.

    Berdasarkan data dan fakta :

    Warga perumahan legok permai Menuntut

    RELOKASI PT. SUKSES TUNGGAL MANDIRI (STM)

    Ke kawasan Industri


    7 Comments

    1. madyo says:

      ayo bung
      bersama kita bisa kalahkan arogansi pengusaha dan penguasa!

    2. windi says:

      yg mendirikan perumahan mana dulu sama prusahaan kalau duluan perumahan maka prumahan yg berhak menolak adanya prusahaan. tetapi apa bilah perusahaan yg lebih dulu nah perumahaan yg harus pindah tuntut aja deplopernya gampang kan

      perumahan legok permai ada sejak tahun 2005 sementara PT.STM berdiri tahun 2007….Pt. Masa kreasi selaku developer juga kita minta pertanggungjawaban dan ada itikad baik dg mendukung perjuangan kita…lewat jalur hukum…………….

    3. andre ..Blok A2 E11 says:

      as wr wb , saudara2 ku di perumahan legok permai ..
      mari kita sama rapatkan barisan , satukan kekuatan dan jaga kekompakan bahwa Pt STM mesti di bumi hanguskan dari lingkungan permai & sekitarnya karena akan menjadi biang kerok kebisingan, limbah dll…. so …. pasukan jumroh siap!!!! ok

    4. Thio says:

      Klonthang-klonthang, Klonthang-klonthang.
      Dari B2 saja kedengaran. pembangunan emang bener katanya developer duluan, tapi ijinnya katanya STM dah dapat duluan. Gak tau dah mana yang bener. Ini juga cuma denger2 dar kumpul2 di pos.
      Selain STM, jangan sampai kecolongan bekas kandang ayam, jgn sampai dibangun PT lain.
      B2A12

      yg jelas…Pt.STM memang lebih dulu eksis di Legok (dahulu bernama HSB Karoseri) lokasinya di gang asem dekat dg lokasi yg baru (Legok Permai)..tapi permasalahannya izin lokasi Tetap harus di Revisi..nah….saat bangun di lokasi baru….kami (Legok Permai blok A) sudah lebih dulu ada. intrik dan politik uanglah yg menyebabkan PT.STM bisa berdiri arogan hingga sekarang…..belum lagi soal dampak pencemarannya yg ditimbulkannya…(hasil lab independen) tingkat kebisingan sudah melampaui nilai ambang batas (95 dBa padahal standar pemukiman 55 dBa)……

    5. Stargazer says:

      Om Thio siapa yah???

      bekas kandang ayam,tapi ayamnya masih ada tuh satu, suka nangkring di halaman rumah saya, btw ayam siapa yah??

      -B2H6-

    6. Thio says:

      Ini Om Thio, nyang malem senin ping pong. Stargazer aja nih gak mu ping pong lagi. Bapaknya aja jago, anaknya juga jago donk. (maaf ya forumnya jadi ngobrol).

      Terus, untuk kedepannya jalur apa yang ditempuh untuk menghadapi STM? (pendatang baru, jadi lom banyak tau pengaduannya kemana saja).

      jabat jiwa om thio……STM sedang dalam proses ke meja hijau…kita angkat soal perijinan dan dampak pencemarannya…sayangnya di negeri kita belum ada pengadilan khusus soal perusak lingkungan (baru dalam taraf telaah oleh KLH) jadi kita pidana kan dulu..baru masuk perdata….mohon doa restunya…..kita punya forum yg diketuai oleh Bung Idris -seorang negosiator ulung- blok A2/E8..
      so…yo kita bersatu samakan persepsi guna kenyaman Legok Permai….

    7. nides says:

      semoga yang kuasa memberikan azab kepada pemilik(kaum kapitalis)
      dan yang memberikan ijin…………………………….

      yaa….Semoga kita semua dipermudah dalam setiap urusan Nya….tiada daya dan upaya …hanya kepada Mu kita berserah diri………..Amin.

      hmmm…….betul ga AA?

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s

    Data Arsip

    %d bloggers like this: