Home » Teh Hangat » NYAMUK TERNYATA BERMUTASI AGAR KEBAL

NYAMUK TERNYATA BERMUTASI AGAR KEBAL

sruput teh hangat

kawan yg baik. blog ini di dedikasikan buat warga legok permai. sebagai proses komunikasi dan informasi jadilah kontributor blog ini jabat hati

Like This

Untuk terus bertahan hidup, ternyata nyamuk juga bermutasi untuk menjadi kebal terhadap insektisida yang dipakai membasmi mereka. Setidaknya ini berlaku pada nyamuk-nyamuk pembawa virus West Nile dan sejenis malaria.

Berdasarkan penelitian, diketahui kalau mereka mengalami mutasi pada kode genetisnya. Hasil penelitian ini dilaporkan peneliti di University or Montpellier II, Perancis, awal tahun 2003. Para peneliti itu mengungkapkan, perubahan pada gen di atas diyakini menjadi jawaban dari pertanyaan mengapa serangga-serangga pembawa penyakit itu tidak bisa dibasmi dengan insektisida.

Mutasi yang terjadi membuat salah satu enzim pokok pada nyamuk menjadi tidak sensitif atau kebal terhadap obat pembasminya.

“Penemuan mutasi penyebab kebal ini akan membuka jalan bagi strategi baru pembasmian hama,” ujar Mylene Weill, salah satu peneliti, seperti dikutip journal Nature.

Virus West Nile dapat menyebabkan penyakit dengan gejala seperti flu. Dalam beberapa kasus, penderita tidak tertolong dan meninggal. Penyakit ini umum terjadi di Afrika, Eropa selatan, dan Timur Tengah. West Nile ditemui di AS tahun 1999 dan menyebar ke Kanada serta Pulau Cayman.

Sementara malaria adalah penyakit yang rata-rata menjangkiti 300 juta hingga 500 juta orang tiap tahun. Penyakit ini membunuh sekitar 2,7 juta penderitanya, kebanyakan anak-anak yang tinggal di Afrika.

Weill dan para peneliti lain menemukan mutasi pada 10 jenis nyamuk pembawa virus West Nile, dan pada beberapa jenis nyamuk di Afrika yang membawa malaria. Untuk membasmi nyamuk “jenis baru” ini, mereka menyarankan agar pihak-pihak terkait mengembangkan insektisida jenis baru. (sumber: Rtr/net)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Data Arsip

%d bloggers like this: