Home » Teh Hangat » MENGAPA BURUNG TIDAK JATUH KETIKA TIDUR ?

MENGAPA BURUNG TIDAK JATUH KETIKA TIDUR ?

sruput teh hangat

kawan yg baik. blog ini di dedikasikan buat warga legok permai. sebagai proses komunikasi dan informasi jadilah kontributor blog ini jabat hati

Like This

Kamu tentu pernah melihat burung di malam hari. Ia bertengger pada ranting, dengan kepala menunduk. Sebenarnya burung bisa tidur atau tidak sih? Kalau tidur, kenapa ia tidak pernah jatuh dari ranting? ‘Kan kalau tidur bisa lupa segala-galanya.

Begini penjelasannya: Seperti makhluk hidup lainnya, burung tentu saja bisa tidur. Burung membutuhkan tidur, bedanya dengan manusia, posisi tidur burung tidaklah berbaring tetapi tetap berdiri seperti ketika ia tidak tidur. Bahkan, burung dapat saja tidur hanya dengan berdiri di atas satu kaki. Hal ini karena burung memiliki pengaturan tendon pada bagian kaki. Otot-otot tendon fleksor pada burung ada pada bagian paha, lutut, sampai ke mata kaki dan jemarinya. Jaringan otot inilah yang menopang berat badan burung ketika mereka istirahat. Bila waktunya tepat dan keadaannya gelap, burung bisa jatuh tertidur seperti terhipnotis.

Kalau ingin mencoba, pura-puralah seperti masuk dalam kandang dan berposisilah seperti layaknya burung. Ajak burung kesayanganmu tidur dan katakanlah pada diri anda untuk tidur dalam posisi itu. Beraktinglah seakan-akan kamu tidur. Tak lama kemudian burung kesayanganmu akan ikut serta. Ia akan ikut berdiri di atas satu kaki dengan kepala disembunyikan dalam sayap, artinya ia sedang tidur nyenyak.

Hampir semua pecinta burung tahu, bila ingin membuat burungnya tidur, maka kandangnya akan ditutup dengan selimut. Bila keadaan gelap, burung pasti akan tidur. Karena suasana terang benderang akan memberikan efek insomnia atau susah tidur bagi burung. Pengetahuan pecinta burung ini juga dibenarkan oleh berbagai penelitian.(supersiswa)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Data Arsip

%d bloggers like this: