Home » hukum » si api biru

si api biru

sruput teh hangat

kawan yg baik. blog ini di dedikasikan buat warga legok permai. sebagai proses komunikasi dan informasi jadilah kontributor blog ini jabat hati

Like This

Lantaran Si ‘Api Biru’ Tidak Diatur Pemerintah Kenaikan Harga Elpiji:
[4/7/08]

Pertamina membantah telah melakukan monopoli dalam penetapan harga jual elpiji. Alasannya sederhana, bisnis elpiji tidak pernah diatur oleh pemerintah.Di tengah era persaingan usaha yang sehat, PT Pertamina (Persero) kembali menjadi sorotan. Produsen minyak dan gas milik pemerintah itu dituding telah melakukan monopoli harga dan distrubusi gas elpiji. Apalagi, sejak 1 Juli kemarin, Pertamina menaikan harga elpiji dari Rp 4.250 menjadi Rp 5.250 per kg (naik 23%). Sehingga harga elpiji kemasan 12 kg naik dari Rp51.000 menjadi Rp63.000 per tabung. Pertamina menyatakan, penaikan harga elpiji dilakukan lantaran harga saat ini jauh di bawah harga pasar internasional. Pemasaran Pertamina Hanung Budya menolak tegas jika pihaknya dikatakan telah melakukan monopoli harga elpiji. Menurutnya, elpiji tidak pernah diatur pemerintah dan diputus sebagai kekuasaan Pertamina. “Ini kan jualan rugi, jadi gak ada yang mau masuk,” ujar Hanung di Jakarta, Selasa (1/7).
Meskipun elpiji adalah komoditi komersil bebas, Hanung menegaskan kendalanya tetap terletak di harga. Sampai saat ini harga elpiji dinilai Hanung, belum sampai harga keekonomian (harga wajar). Permainan harga di pasar elpiji masih terlalu rendah bagi pelaku usaha lain yang mau turut bermain di bisnis ini. Bahkan bagi Pertamina sendiri, bermain di pasar elpiji tidak ada benefit ekonominya. “Terus terang Pertamina mau menaikkan harga secara bertahap, sehingga pemain baru bisa masuk,” ungkap Hanung.
Kenaikan harga elpiji diakui wajar oleh Hanung. Selama ini, kata dia, harga elpiji di Indonesia mengikuti pergerakan harga internasional. “Jadi, bila dalam setahun ini harga elpiji masih juga stagnan, Pertamina terpaksa terus mensubsidi hingga Rp7 triliun per tahun.” Pertamina, menurut Hanung, tidak keberatan subsidi diatur oleh pemerintah. Asalkan prinsip-prinsip persaingan usaha dan kesempatan untuk berkembang di sektor elpiji tetap diperhatikan. “Yang tidak adil adalah elpiji yang disubsidi ini dinikmati oleh yang punya kemampuan ekonomi kuat termasuk hotel,” keluh Hanung. Suyitno Padmosukismo malah menyarankan masyarakat untuk tidak tergantung pada elpiji. Elpiji adalah suatu pilihan yang salah kalau kita mau energi yang saran mantan mantan Dirjen Migas Departemen Pertambangan dan Energi ini. Menurutnya, para pelaku usaha lebih baik mengaktifkan kembali penyaluran gas kota. Praktek ini pernah dijalankan di wilayah pemukiman elit Menteng, Jakarta Pusat, di awal kemerdekaan Indonesia.
Suyitno beralasan, harga elpiji makin kecil ukurannya malah makin mahal. Jadi, lebih baik pemerintah membangun infrastruktur penyaluran gas kota tersebut ke rumah-rumah. Pasalnya, rumah tangga lah yang paling tergantung pada elpiji. “Pemerintah punya konsep intergrated gas great yang dapat menyerap gas-gas dari sumber-sumber gas,” ungkap Suyitno. Komisioner Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), Tadjudin Noer Said, menilai ketidaktegasan pemerintah dalam mengatur tata niaga elpiji bisa menciptakan peluang terjadinya monopoli. Menurutnya, penetapan harga elpiji yang dikeluarkan oleh Pertamina akan mengganggu persaingan usaha yang sehat.”>Heru Wahyudi, Anggota Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas), mengungkapkan, pihaknya kini sedang membuat kajian pasar gas di Tarakan, Sorong, Prabumulih, dan beberapa wilayah lain di Indonesia. Sayang, dia belum mau mengungkapkan kajian yang menurutnya dibiayai APBN itu.


2 Comments

  1. AIg5 says:

    di kerajaan LP harga gas elpiji yg paling miring dimana ya?

    saya rekomendasikan toko om leo

  2. Stargazer says:

    toko om leo dimana tuh????

    saya juga warga legok permai, blok 2 tapinya….ada juga toh web-nya legok permai…hahahaha

    toko om leo itu di blok A2-A3…………rada miring harganya…..dan informatif…hanya seja kelemahannya om leo kadang suka pergi jemput istrinya jadi kadang tutup pada jam sore….
    yaa…web nya legok permai sengaja dibuat dengan sadar bahwa kita perlu sebuah wadah untuk komunikasi dan informasi…….sesama warga legok permai…..
    and so….have a nice joint with us……

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Data Arsip

%d bloggers like this: