Home » Forum Legok Permai » dampak pencemaran

dampak pencemaran

sruput teh hangat

kawan yg baik. blog ini di dedikasikan buat warga legok permai. sebagai proses komunikasi dan informasi jadilah kontributor blog ini jabat hati

Like This

Pengertian, Definisi, Arti, Efek, Dampak dan Penyebab Pencemaran Suara pada Pencemaran Lingkungan Hidup dan Tubuh Manusia

Pencemaran suara adalah gangguan pada lingkungan yang diakibatka oleh bunyi atau suara yang mengganggu ketentraman makhluk hidup di sekitarnya. Pencemaran suara biasanya diukur dalam satuan dB atau desibel.

Pencemaran suara yang bersifat terus-menerus dengan tingkat kebisingan di atas 80 dB dapat mengakibatkan efek atau dampak yang merugikan kesehatan manusia. Berikut ini adalah beberapa efek samping negatif dari pencemaran suara :
a. stres
b. gila
c. perubahan denyut nadi
d. tekanan darah berubah
e. gangguan fungsi jantung
f. kontraksi perut

Berikut ini adalah contoh kebisingan yang menimbulkan pencemaran suara :
1. Orang ngobrol biasa = 40 dB
2. Orang ribut / silat lidah = 80 dB
3. Suara kereta api / krl = 95 db
4. mesin motor 5 pk = 104 dB
5. suara gledek / geledek / petir = 120 dB
6. Pesawat jet tinggal landas = 150 dB

Bahaya dari bahan-bahan pencemar yang mungkin dihaslkan dari proses-proses dalam industri besi-baja/logam terhadap kesehatan yaitu :

a. Debu, dapat menyebabkan iritasi, sesak nafas

b. Kebisingan, mengganggu pendengaran, menyempitkan pembuluh darah, ketegangan otot, menurunya kewaspadaan, kosentrasi pemikiran dan efisiensi kerja.

c. Karbon Monoksida (CO), dapat menyebabkan gangguan serius, yang diawali dengan napas pendek dan sakit kepala, berat, pusing-pusing pikiran kacau dan melemahkan penglihatan dan pendengaran. Bila keracunan berat, dapat mengakibatkan pingsan yang bisa diikuti dengan kematian.

d. Karbon Dioksida (CO2), dapat mengakibatkan sesak nafas, kemudian sakit kepala, pusing-pusing, nafas pendek, otot lemah, mengantuk dan telinganya berdenging.

e. Belerang Dioksida (SO2), pada konsentrasi 6-12 ppm dapat menyebabkan iritasi pada hidung dan tenggorokan, peradangan lensa mata (pada konsentrasi 20 ppm), pembengkakan paru-paru/celah suara.

f. Minyak pelumas, buangan dapat menghambat proses oksidasi biologi dari sistem lingkungan, bila bahan pencemar dialirkan keseungai, kolam atau sawah dan sebagainya.

g. Asap, dapat mengganggu pernafasan, menghalangi pandangan, dan bila tercampur dengan gas CO2, SO2, maka akan memberikan pengaruh yang nenbahayakan seperti yang telah diuraikan diatas.


2 Comments

  1. mirzastargazer says:

    Nyindir STM nih ceritanya?
    BTW STM berapa Desibel?suruh pake ruangan kedap aja tuh pabrik, biar efek sampingnya dimakan mereka ndiri, hehehe…

    standar industri dekat perumahan 55 db…nah stm itu 90 db? kebayang kan…;ini hasil test audit lab.lingkungan independen]……………………..

  2. midris says:

    Ass WR WB…

    Yth, Warga Legok PERMAI
    (KHUSUSNYA BLOK A)

    hari berganti hari bulan berganti bulan tahun berganti tahun, tidak terasa PT.STM”EVIL”KAROSERI sudah satu tahun lebih menjajah ketenangan & kenyamanan kita…

    akhirnya……
    Provokasi kita berhasil untuk membawa mereka ke “Meja hijau”, upaya ke jalur hukum sudah 2 kali kita (PT.MASA KREASI & ForumLP) ajukan, namun PT.STM berlindung dibalik PEMDA (Kades legok, CAMAT legok, Bupati tangerang) yg memberikan izin usaha mereka….
    indikasi PEMDA mengulur-ulur waktu sudah terlihat sejak kasus ini diserahkan ke SEKDA (Bpk.Nanang Komarah), setiap kita menanyakan perkembangannya selalu banyak alasan yg tidak logis….

    so, “Jumroh” yg sering kita lakukan berhasil memprovokasi mereka utk membawa ke “meja hijau”, ini terbukti dengan statement dari Pak Untung (owner STM) & Ari utk memperkarakan kita jalur hukum, sesuai yg kami prediksi sebelumnya bhw fokus mereka adalah masalah pidana (pelemparan & pengrusakan) yg di Blow up….

    tapi kita tidak gentar, bukti2 kuat dan saksi2 sudah kita miliki, hari kamis tgl 21/8/2008 kami akan bergerak ke pengacara kita (LBH UPH) & Pengacara PT.MASA KREASI utk menyerahkan surat kuasa serta bukti2 kecurangan PT.STM….

    sekali lagi, kami dari ForumLP mohon doa & support dari rekan2 warga legok permai, apabila ada rekan2 yg pernah mempunyai pengalaman dalam proses persidangan kami mohon bantuan sarannya…

    dan perlu juga kami ingatkan bahwa apabila kita sudah siap ke “meja hijau” berarti sudah siap dengan konsekuensinya yaitu “MENANG ATAU KALAH” (win or lose)….apabila kita kalah konsekuensinya adalah siap menerima keadaan seperti sekarang & PT.Masa Kreasi yg kita minta pertanggung jawabannya selaku developer…dan apabila kita menang konsekuensinya adalah bersiap-siap menghadapi kemungkinan terburuk (dampak sosial) karena terjadi PHK Massal karyawan PT.STM yg notabene penduduk kampung asli legok…

    kami yakin rekan2 warga legok permai sudah siap dengan konsekuensi ini, kita harus bersatu menyamakan persepsi & kami juga meminta kesabaran rekan2 semua, karena yg kita hadapi adalah perusahaan SKALA BESAR (siapa takut, emang gue pikirin)………

    ALLAHU AKBAR, ALLAHU AKBAR, ALLAHU AKBAR
    lambat laun pasti akan terlihat kuasa ALLAH SWT yg benar & salah akan mendapat ganjaranNYA……..Amiiin

    apabila rekan2 warga legok permai yg mau memberikan saran dan masukan silahkan hubungi kami ForumLP

    wassalam

    ForumLP

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Data Arsip

%d bloggers like this: