Home » kesehatan » 10 tips mengurangi sakit kepala..

10 tips mengurangi sakit kepala..

sruput teh hangat

kawan yg baik. blog ini di dedikasikan buat warga legok permai. sebagai proses komunikasi dan informasi jadilah kontributor blog ini jabat hati

Like This

Kadang-kadang sakit kepala ringan dapat terjadi pada kebanyakan kita, tetapi sakit kepala yang terus menerus adalah serius dan harus anda konsultasikan dengan dokter ahli. Dibawah ini ada 10 tips untuk mengurangi risiko sakit kepala.

Identifikasi pemicunya
Buatlah semacam diary (catatan harian) sakit kepala anda, dengan mencatat apa yang anda makan hari itu, cuacanya bagaimana, dimana anda berada dan sebagainya, untuk identifikasi lingkungan. Sekali anda berhasil mengetahui pemicunya, anda dapat mengambil tindakan pencegahannya.

Redakan stres
Untuk menghilangkan stres secara total hampir mustahil, tetapi untuk menguranginya adalah sangat mungkin. Pelajari mengenai biofeedback. Dengarkan musik yang memberikan anda ketenangan, ambillah waktu mandi yang agak panjang dan pijat. Semua hal ini mungkin dapat mengurangi efek stres pada tubuh anda.

Berhentilah merokok
Merokok adalah salah satu faktor penyebab beberapa jenis sakit kepala. Bahkan bagi beberapa orang, menghirup asap rokok saja sudah dapat memicu sakit kepala.

Hindari terlalu banyak mengkonsumsi obat bebas (over the counter)
Jika anda mengkonsumsi dosis secara maksimal obat-obat bebas penghilang rasa nyeri untuk sakit kepala anda lebih dari 2 atau 3 kali seminggu, sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter.

Batasi alkohol
Jika anda minum minuman yang mengandung alkohol, sebaiknya hanya sedikit dan pada kesempatan tertentu saja. Pada beberapa orang tertentu, bir dan anggur merah dapat memicu sakit kepala.

Tidurlah teratur
Membiasakan pergi tidur dan bangun dengan teratur dan pada waktu yang sama/tetap termasuk pada hari-hari weekends, merupakan hal yang penting bagi penderita migraine. Kebanyakan tidur juga merupakan pemicu sakit kepala migraine, begitu juga kelelahan (fatigue).

Makanlah teratur
Pada orang-orang tertentu, tidak makan dapat juga menimbulkan sakit kepala. Makanan diet yang kaya dengan karbohidrat dan rendah lemak, serta minum banyak air yang menjaga kebutuhan hidrat, adalah penting.

Latihan yang teratur

Berjalan santai dengan anjing kesayangan atau memarkir mobil yang agak jauh di mal sehingga anda dapat berjalan santai, dapat membantu anda mengurangi stres. Bila anda belum terbiasa aerobik dan langsung melakukannya dengan keras tanpa pemanasan dahulu, dapat menimbulkan sakit kepala.

Periksalah mata
Menatap layar komputer sepanjang hari dapat menyebabkan ketegangan pada mata, yang akan menyebabkan sakit kepala tension-type.

Duduk yang tegak
Menjepit telepon dengan pundak, menenteng tas dan posisi duduk di kursi mobil dapat menimbulkan ketegangan atau pegal di otot leher dan pundak, sehingga menimbulkan sakit kepala tension-type. (Sumber: HEALnHEALthy, Aug–Sep 06).


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Data Arsip

%d bloggers like this: